Kamis, 22 Desember 2011

Stategi Persaingan, Strategi Promosi, Strategi Lokasi dan distribusi, Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix)

Strategi Persaingan :

a)      Segmentasi Pasar (segmentation)
            Pasar Konsumen  mendasarkan segmentasi atas geografis, demografi, psikografis, perilaku konsuman
            Pasar Industri  mendasarkan segmentasi atas demografi industri, karakteristik         pengoperasian, pendekatan pembeli, personil industri dan faktor situasional).  Pasar Sasaran (market targeting)
            Evaluasi segman pasar dilihat dari ukuran dan jumlah segmen, struktur segmen dan sasaran dan sumber daya perusahaan.
            Memilih segmen yaitu menentukan salah satu atau lebih segmen yang memiliki nilai tinggi bagi perusahaan, menentukan segmen mana dan berapa banyak yang dilayani.  Dan dipasarkan dengan menggunakan pola pemasaran serba sama (melayani semua pasar tanpa ada perbedaan), pemasaran serbaneka (melayani semua pasar dengan ada pembedaan) dan pemasaran terpadu (khusus untuk sumber daya yang terbatas)
c)      Posisi Pasar (market positioning)
            Menentukan posisi produk dengan strategi penentuan atas dasar atribut (contoh : murah atau mahal), kesempatan pengunaan (contoh : minuman energi atau turun panas) kelas pengguna (contoh untuk dewasa atau anak), langsung menghadapi pesaing (pembetukan image bagi konsumen), kelas produk (contoh : untuk kalangan atas, menengah atau bawah)

 Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix).
a)      Produk
1)      Penentuan logo dan moto
2)      Menciptakan merek
3)      Menciptakan kemasan
4)      Keputusan label


b)      Harga
1)      Penetapan berdasarkan biaya
      Cost plus pricing  = Harga pokok = VC + (FC/total sales)
      Mark up pricing  =  Harga  pokok  per  unit
                                         (1–laba yang diinginkan)
1)      Break Event Pricing atau Target Pricing
                        BEP =      FC              atau     BEP =       FC                 
                                    P – VC                                                1 – VC/P

1)      Percieved Value Pricing
            Adalah harga yang ditentukan oleh kesan pembeli (persepsi) terhadap suatu produk yang ditawarkan

Strategi Lokasi dan distribusi

            Pemilihan lokasi dipengaruhi oleh : kedekatan dengan kawasan Industri, dekat dengan kawasan perkantoran,lokasi pasar, pusat pemerintahan, perumahan atau masyarakat, jumlah pesaing yang ada dalam 1 lokasi, sarana dan prasarana
            Sedangkan distribusi dipengaruhi oleh :  Pertimbangan pembeli dan faktor pasar, karakteristik produk, faktor produsesn atau pertimbangan pengawasan dan keuangan
            Fungsi Saluran distribusi :
    1. Fungsi Transaksi : menginformasikan kepada pelanggan adanya suatu produk dan kelebihan atau manfaat suatu produk.
    2. Fungsi Logistik : pengangkut dan penyortir barang untuk mengatasi perbedaan sementara, menyimpan untuk memelihara dan melindungi barang
    3. Fungsi Fasilitas : penelitian (mengumpulkan informasi tentang anggota saluran dan pelanggan) serta pembiayaan (memastikan bahwa anggota saluran mempunyai uang yang cukup untuk membiayai aliran barang)
Strategi Promosi
            Sarana promosi yang sering digunakan :
    1. Periklanan : pemasangan billboard, brosur, spanduk dan  iklan.
    2. Promosi Penjualan : pemberian harga khusus, potongan harga (diskon), undian, cinderamata dan lain sebagainya.
    3. Publisitas : melalui kegiatan-kegiatan pameran, bakti sosial dan kegiatan lainnya.
    4. Penjualan pribadi : dilakukan secara personal oleh salesman / salesgirl, bahkan di beberapa perusahaan personal selling dilakukan oleh customer service.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar