Strategi Persaingan :
a) Segmentasi Pasar (segmentation)
Pasar Konsumen mendasarkan segmentasi atas geografis,
demografi, psikografis, perilaku konsuman
Pasar Industri mendasarkan segmentasi atas demografi
industri, karakteristik pengoperasian,
pendekatan pembeli, personil industri dan faktor situasional). Pasar Sasaran (market targeting)
Evaluasi segman pasar dilihat dari
ukuran dan jumlah segmen, struktur segmen dan sasaran
dan sumber daya perusahaan.
Memilih segmen yaitu menentukan salah satu atau lebih segmen yang
memiliki nilai tinggi bagi perusahaan, menentukan segmen mana dan berapa banyak
yang dilayani. Dan dipasarkan dengan
menggunakan pola pemasaran serba sama (melayani semua pasar tanpa ada
perbedaan), pemasaran serbaneka (melayani semua pasar dengan ada pembedaan) dan
pemasaran terpadu (khusus untuk sumber daya yang terbatas)
c) Posisi Pasar (market positioning)
Menentukan posisi
produk dengan strategi penentuan atas dasar atribut (contoh : murah atau mahal),
kesempatan pengunaan (contoh : minuman energi atau turun panas) kelas pengguna
(contoh untuk dewasa atau anak), langsung menghadapi pesaing (pembetukan image
bagi konsumen), kelas produk (contoh : untuk kalangan atas, menengah atau
bawah)
Strategi Bauran Pemasaran
(marketing mix).
a) Produk
1) Penentuan logo dan moto
2) Menciptakan merek
3) Menciptakan kemasan
4) Keputusan label
b) Harga
1) Penetapan berdasarkan biaya
•
Cost plus pricing = Harga pokok = VC + (FC/total sales)
•
Mark up pricing = Harga pokok
per unit
(1–laba yang diinginkan)
1) Break Event Pricing atau Target Pricing
BEP = FC atau BEP
= FC
P
– VC 1 – VC/P
1) Percieved Value Pricing
Adalah harga yang
ditentukan oleh kesan pembeli (persepsi) terhadap suatu produk yang ditawarkan
Strategi Lokasi dan distribusi
Pemilihan lokasi
dipengaruhi oleh : kedekatan dengan kawasan Industri, dekat dengan kawasan
perkantoran,lokasi pasar, pusat pemerintahan, perumahan atau masyarakat, jumlah
pesaing yang ada dalam 1 lokasi, sarana dan prasarana
Sedangkan distribusi
dipengaruhi oleh : Pertimbangan pembeli
dan faktor pasar, karakteristik produk, faktor produsesn atau pertimbangan
pengawasan dan keuangan
Fungsi Saluran
distribusi :
- Fungsi Transaksi : menginformasikan kepada pelanggan adanya suatu produk dan kelebihan atau manfaat suatu produk.
- Fungsi Logistik : pengangkut dan penyortir barang untuk mengatasi perbedaan sementara, menyimpan untuk memelihara dan melindungi barang
- Fungsi Fasilitas : penelitian (mengumpulkan informasi tentang anggota saluran dan pelanggan) serta pembiayaan (memastikan bahwa anggota saluran mempunyai uang yang cukup untuk membiayai aliran barang)
Strategi Promosi
Sarana promosi yang
sering digunakan :
- Periklanan : pemasangan billboard, brosur, spanduk dan iklan.
- Promosi Penjualan : pemberian harga khusus, potongan harga (diskon), undian, cinderamata dan lain sebagainya.
- Publisitas : melalui kegiatan-kegiatan pameran, bakti sosial dan kegiatan lainnya.
- Penjualan pribadi : dilakukan secara personal oleh salesman / salesgirl, bahkan di beberapa perusahaan personal selling dilakukan oleh customer service.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar