Pasar
Dulu -> Tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.
Skrg -> Kumpulan atau
himpunan dari para pembeli, baik pembeli nyata (konsumen yang mempunyai
minat, pendapatan/kemampuan dan akses) maupun pembeli potensial (hanya
mempunyai minat tanpa didukung kemampuan dan akses) atas suatu produk dan
jasa tertentu.
Pemasaran
Suatu proses
sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan
nilai dengan pihak lain (kotler).
Tujuan
pemasaran :
- Memaksimumkan, memudahkan dan merangsang konsumsi
- Memaksimalkan kepuasan konsumen
- Memaksimumkan pilihan (ragam produk)
- Memaksimalkan mutu hidup (kualitas, kuantitas ketersediaan, harga pokok barang, mutu lingkungan fisik dan kultur)
- Meningkatkan penjualan barang dan jasa
- Menguasai Pasar dan menghadapi pesaing
- Memenuhi kebutuhan suatu produk atau jasa
- Memenuhi keinginan para pelanggan akan suatu produk atau jasa.
1. Struktur pasar :
•
Persaingan Sempurna.
-
Jumlah penjual dan pembeli
banyak, sehingga tindakan penjual secara individu tidak dapat mempengaruhi
harga barang dipasar.
-
Barang yang dijual
homogen/sejenis, sehingga suatu produsen merupakan pelengkap sempurna bagi yang
lain
-
Perusahaan bebas keluar masuk
pasar dan industri ini
-
Produsen adalah pengambil harga
namun keuntungan yang diperoleh umumnya jangka panjang dan normal semata.
-
Promosi tidak begitu
diperlukan, produsen harus mampu menentukan berapa tingkat produksi yang akan
dihasilkan
Contoh produknya adalah beras, gandum, industri makanan dan
lain-lain.
•
Monopolistik.
-
Mempunyai banyak penjual atau
perusahaan, dan memiliki ukuran-ukuran yang sama besarnya.
-
Produk yang dihasilkan berbeda
corak, sehingga secara fisik mudah dibedakan antara produsen satu dengan yang
lain
-
Perusahaan bebas keluar masuk
dalam industri ini
-
Produsen atau penjual hanya
memiliki sedikit kekuatan dalam menentukan dan mempengaruhi tingkat harga
-
Untuk memperoleh penjualan yang
tinggi diperlukan promosi yang sangat besar.
Contoh
produknya adalah rokok, motor, sandal, sepatu, pulpen dan lain sebagainya.
•
Oligopoli.
-
Struktur pasar dengan sedikit
penjual dan barang yang dihasilkan adalah barang standar
-
Produsen baru kesulitan masuk
dalam industri ini dikarenakan memerlukan modal yang cukup kuat dan besar untuk
masuk kedalamnya.
-
Kekuatan menentukan harga
sangat tergantung pada keadaan, apabila perusahaan melakukan kerjasama dengan
perusahaan lain maka kekuasaan menentukan harga relatif lebih kuat.
-
Perusahaan dalam pasar ini
jarang bersaing mengenai harga, tetapi relatif bersaing pada faktor lain
(kualitas, desain atau corak)
Contoh
produknya adalah mobil, industri baja, semen dan lain sebagainya.
•
Monopoli.
-
Struktur pasar dimana hanya
terdapat satu penjual atau produsen
-
Barang yang dihasilkan tidak
mempunyai barang pengganti yang mirip
-
Produsen baru sangat sulit
untuk masuk ke pasar ini, karena penguasaan bahan baku/mentah oleh pihak tertentu,
peraturan pemerintah (hak paten, hak pengelolaan eksklusif), terdapat skala
ekonomi yang umumnya untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
-
Produsen sangat kuat dalam
menentukan tingkat harga
Contoh produknya adalah gula, tepung terigu, listrik, kereta api dan
lain sebagainya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar