Kamis, 22 Desember 2011

Pasar dan Strukturnya


Pasar
Dulu -> Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.
Skrg -> Kumpulan atau himpunan dari para pembeli, baik pembeli nyata (konsumen yang mempunyai minat, pendapatan/kemampuan dan akses) maupun pembeli potensial (hanya mempunyai minat tanpa didukung kemampuan dan akses) atas suatu produk dan jasa tertentu.
           
Pemasaran
Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain (kotler).

Tujuan pemasaran :
  1. Memaksimumkan, memudahkan dan merangsang konsumsi
  2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
  3. Memaksimumkan pilihan (ragam produk)
  4. Memaksimalkan mutu hidup (kualitas, kuantitas ketersediaan, harga pokok barang, mutu lingkungan fisik dan kultur)
  5. Meningkatkan penjualan barang dan jasa
  6. Menguasai Pasar dan menghadapi pesaing
  7. Memenuhi kebutuhan suatu produk atau jasa
  8. Memenuhi keinginan para pelanggan akan suatu produk atau jasa.

1. Struktur pasar :
        Persaingan Sempurna.
-          Jumlah penjual dan pembeli banyak, sehingga tindakan penjual secara individu tidak dapat mempengaruhi harga barang dipasar.
-          Barang yang dijual homogen/sejenis, sehingga suatu produsen merupakan pelengkap sempurna bagi yang lain
-          Perusahaan bebas keluar masuk pasar dan industri ini
-          Produsen adalah pengambil harga namun keuntungan yang diperoleh umumnya jangka panjang dan normal semata.
-          Promosi tidak begitu diperlukan, produsen harus mampu menentukan berapa tingkat produksi yang akan dihasilkan
Contoh produknya adalah beras, gandum, industri makanan dan lain-lain.

                       
        Monopolistik.
-          Mempunyai banyak penjual atau perusahaan, dan memiliki ukuran-ukuran yang sama besarnya.
-          Produk yang dihasilkan berbeda corak, sehingga secara fisik mudah dibedakan antara produsen satu dengan yang lain
-          Perusahaan bebas keluar masuk dalam industri ini
-          Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan dalam menentukan dan mempengaruhi tingkat harga
-          Untuk memperoleh penjualan yang tinggi diperlukan promosi yang sangat besar.
            Contoh produknya adalah rokok, motor, sandal, sepatu, pulpen dan lain sebagainya.
        Oligopoli.
-          Struktur pasar dengan sedikit penjual dan barang yang dihasilkan adalah barang standar
-          Produsen baru kesulitan masuk dalam industri ini dikarenakan memerlukan modal yang cukup kuat dan besar untuk masuk kedalamnya.
-          Kekuatan menentukan harga sangat tergantung pada keadaan, apabila perusahaan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain maka kekuasaan menentukan harga relatif lebih kuat.
-          Perusahaan dalam pasar ini jarang bersaing mengenai harga, tetapi relatif bersaing pada faktor lain (kualitas, desain atau corak)
            Contoh produknya adalah mobil, industri baja, semen dan lain sebagainya.

        Monopoli.
-          Struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual atau produsen
-          Barang yang dihasilkan tidak mempunyai barang pengganti yang mirip
-          Produsen baru sangat sulit untuk masuk ke pasar ini, karena penguasaan bahan baku/mentah oleh pihak tertentu, peraturan pemerintah (hak paten, hak pengelolaan eksklusif), terdapat skala ekonomi yang umumnya untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
-          Produsen sangat kuat dalam menentukan tingkat harga
            Contoh produknya adalah gula, tepung terigu, listrik, kereta api dan lain sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar