Jumat, 02 Desember 2011

High Personality


ü  Membentuk Sikap Dasar Melayani
Pada dasarnya kita semua mempunyai jiwa untuk melayani baik diri sendiri maupun orang lain. Melayani orang lain bias kita terapkan pada anggota keluarga kita misalnya misalnya membuatkan opi ketika ayah kita membaca Koran, kita juga bisa memberi contoh sambil melayani misalnya membantu pekerjaan rumah adik kita jika mengalami kesulitan dalam mengerjakannya.
Apabila kita melayani orang lain tentu beda dengan kita melayani anggota keluarga kita karena kita di tuntut untuk memiliki kesabaran lebih dari pada kita melayani anggota keluarga sendiri. Disini kita selain dituntut memiliki kesabaran yang tinggi kita juga di haruskan memiliki ramah tamah yang lumayan besar karena costumer lah yang menentukan pekerjaan kita, selain hal itu kita harus memiliki jiwa sunguh – sunguh membantu orang lain dan tentunya budi pekerti yang baik.

Dalam pekerjaan, kita harus memperhatikan :
ü  Job Performance
Performance yang dimaksud disini adalah keseluruhan penampilan kita tidak hanya seputar penampilan fisik ( appearance ) saja, tapi juga masalah bagaimana carakita duduk, cara melayani tamu , menangani masalah atau komplain dari costumer kita, juga menyangkut personal grooming kita (kebersihan diri, kerapian diri, kesehatan diri )
Misalnya : Dalam melayani tamu dengan vocal yang bagus. Kita sebagai karyawan harus rajin , selalu tepat waktu , dan selalu mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat.
Dalam hal ini juga membutuhkan bahasa tubuh atau body language atau yang biasa kita sebut dengan gesture.
  • Bahasa Tubuh
Digunakan agar maksud kita dapat dengan mudah dimengerti oleh costumer atau tamu kita. Anggota tubuh yang biasa digunakan adalah :
    1. Gerakan tangan


Gerakan tangan bisa kita lakukan apabila kita mempersilahkan tamu kita untuk duduk atau hal yang lainnya.
    1. Kaki
    2. Kepala
Kita bisa menggunakan  gerakan kepala ketika kita mengungkapakan bahwa kita mengerti akan keluhan costumer kita atau tamu kita agar tamu kit dapat merasa kita memperhatikannya.
    1. Badan
Bungkukkan badan ketika kita menyambut kedatangan tamu karena dengan kita membungkukkan maka tamu akan merasa dihargai.
    1. Bibir
Bibir erat hubungannya dengan senyum, saat kita melayani tamu atau costumer kita kita hendaknya melempar sebuah senyuman karena sebuah senyum dapat mencairkan suasana.
    1. Kontak Mata
       Lakukan kontak mata walaupun hanya sebentar karena ketika kita melakukan hal ini maka costumer akan merasa bahwa ia dianggap keberadaannya.
    1. Jari Tangan
·         Olah Vocal
Olah vocal yang di maksud disini adalah mencangkup bagaimana tutur bahasa kita, ucapan kita, intonasi kita harus jelas , karena vocal kita akan mempengaruhi kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Vocal kita adalah alat untuk berkomunikasi.
ü  Manfaat Apabila Kita menerapkan  sikap  Dasar  melayani dalam kehidupan sehari – hari :
1. Dihargai orang
2. Percaya diri
3. Dihormati orang
4. Dapat di percaya orang lain ( kredibilitas )
Bila disimpulkan maka semua itu adalah ciri orang dengan HIGH PERSONALITY

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share it