ü Membentuk Sikap Dasar
Melayani
Pada dasarnya kita semua mempunyai jiwa untuk melayani baik diri
sendiri maupun orang lain. Melayani orang lain bias kita terapkan pada anggota
keluarga kita misalnya misalnya membuatkan opi ketika ayah kita membaca Koran,
kita juga bisa memberi contoh sambil melayani misalnya membantu pekerjaan rumah
adik kita jika mengalami kesulitan dalam mengerjakannya.
Apabila kita melayani orang lain tentu beda dengan kita melayani
anggota keluarga kita karena kita di tuntut untuk memiliki kesabaran lebih dari
pada kita melayani anggota keluarga sendiri. Disini kita selain dituntut
memiliki kesabaran yang tinggi kita juga di haruskan memiliki ramah tamah yang
lumayan besar karena costumer lah yang menentukan pekerjaan kita, selain hal
itu kita harus memiliki jiwa sunguh – sunguh membantu orang lain dan tentunya
budi pekerti yang baik.
Dalam pekerjaan, kita harus memperhatikan :
ü Job Performance
Performance yang dimaksud disini adalah keseluruhan
penampilan kita tidak hanya seputar penampilan fisik ( appearance ) saja, tapi
juga masalah bagaimana carakita duduk, cara melayani tamu , menangani masalah atau
komplain dari costumer kita, juga menyangkut personal grooming kita (kebersihan
diri, kerapian diri, kesehatan diri )
Misalnya : Dalam melayani tamu dengan vocal yang bagus. Kita sebagai
karyawan harus rajin , selalu tepat waktu , dan selalu mengerjakan tugas dengan
cepat dan tepat.
Dalam hal ini juga membutuhkan bahasa tubuh atau body
language atau yang biasa kita sebut dengan gesture.
- Bahasa Tubuh
Digunakan agar maksud kita dapat dengan mudah dimengerti
oleh costumer atau tamu kita. Anggota tubuh yang biasa digunakan adalah :
- Gerakan tangan
Gerakan tangan bisa kita lakukan apabila kita
mempersilahkan tamu kita untuk duduk atau hal yang lainnya.
- Kaki
- Kepala
Kita bisa menggunakan
gerakan kepala ketika kita mengungkapakan bahwa kita mengerti akan
keluhan costumer kita atau tamu kita agar tamu kit dapat merasa kita
memperhatikannya.
- Badan
Bungkukkan badan ketika kita menyambut kedatangan tamu
karena dengan kita membungkukkan maka tamu akan merasa dihargai.
- Bibir
Bibir erat hubungannya dengan senyum, saat kita melayani
tamu atau costumer kita kita hendaknya melempar sebuah senyuman karena sebuah
senyum dapat mencairkan suasana.
- Kontak Mata
Lakukan
kontak mata walaupun hanya sebentar karena ketika kita melakukan hal ini maka
costumer akan merasa bahwa ia dianggap keberadaannya.
- Jari Tangan
·
Olah Vocal
Olah vocal yang di maksud disini adalah mencangkup
bagaimana tutur bahasa kita, ucapan kita, intonasi kita harus jelas , karena
vocal kita akan mempengaruhi kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Vocal
kita adalah alat untuk berkomunikasi.
ü Manfaat Apabila Kita menerapkan
sikap Dasar melayani dalam kehidupan sehari – hari :
1. Dihargai orang
2. Percaya diri
3. Dihormati orang
4. Dapat di percaya orang lain ( kredibilitas )
Bila disimpulkan maka semua itu adalah ciri orang dengan
HIGH PERSONALITY
Tidak ada komentar:
Posting Komentar