Promosi adalah upaya untuk
memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik
calon konsumen untuk membeli atau
mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan Promosi di antaranya
adalah:
- Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
- Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
- Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
- Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
- Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
- Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Beberapa cara untuk melakukan
promosi adalah:
Contoh promosi antara lain:
- Pasang iklan di tv mengenai produk baru perusahaan X
- Kirim 5 sms, dapat 10 sms gratis ke semua operator
- Beli kaos kaki seharga Rp. 30.000,00 dapat 2 kaos kaki gratis
- Diskon 50% bagi produk tertentu di Department Store
- Beli coklat malam hari dapat segelas teh gratis
6.
Pasang iklan baris di koran.
7.
Pasang iklan di buku telepon
kuning (yellow pages).
8.
Pasang iklan di pusat
perkulakan.
9.
Aktif mendekati konsumen lewat
telepon.
10. Mendatangi
langsung konsumen yang prospektif.
11. Promosi
lewat surat.
12. Jadi
pembicara di seminar dan bicaralah tentang hal yang benar-benar Anda
kuasai.
13. Jadi
pembicara tamu di acara dialog di radio.
14. Buat
pusat data tentang pelanggan Anda, lengkap dengan alamatnya. Jaga terus
agar
tetap up-to-date.
15. Bangun
citra perusahaan Anda dengan kartu nama dan kop surat yang menarik.
16. Rancang
brosur yang menjelaskan keuntungan dari produk Anda.
17. Kembangkan
sistem pemesanan lewat surat.
18. Buat
tempat khusus untuk memamerkan dan membeli langsung produk Anda.
19. Rancang
pemasaran jarak jauh (telemarketing).
20. Buat
logo perusahaan sesuai dengan citra yang ingin Anda bangun.
21. Terbitkan
semacam buletin yang menceritakan perkembangan terbaru usaha
Anda,
paling tidak tiga bulan sekali.
22. Buat
suvenir dengan logo perusahaan, seperti kalender, pena, mug, kertas memo
dan
sebagainya.
23. Buat
kampanye sosial yang berhubungan dengan produk Anda. Misalnya jika
produk
Anda lampu, sebarkan tips tentang hemat pemakaian listrik.
24. Buat
stiker atau balon dengan logo dan slogan perusahaan Anda.
25. Rancang
kaos dengan logo dan nama perusahaan.
26. Jajagi
kerjasama promosi dengan perusahaan lain yang bukan pesaing.
27. Pelajari
semua biaya promosi, baik yang lewat koran, majalah, radio, televisi,
papan
reklame, halte bus, dan tempat-tempat umum lainnya.
28. Temukan
cara untuk mengurasi biaya promosi dengan memanfaatkan promosi
patungan.
29. Berterimakasih
kepada pelanggan dengan mengiriminya surat.
30. Menjaga
hubungan dengan pelanggan dengan cara mengiriminya kartu ulang
Tahun,
Lebaran, Natal, atau tahun baru.
31. Pasang
profil perusahaan di majalah atau koran yang biasa dibaca oleh calon
konsumen
sasaran.
32. Sewa
agen periklanan atau humas (PR/public relations).
33. Selenggarakan
sayembara yang bersifat promosi.
34. Selenggarakan
seminar yang khusus membahas produk, jasa, dan perusahaan
Anda.
35. Selipkan
brosur atau bahan promosi lainnya ke dalam tagihan yang Anda kirim.
36. Cari
calon pelanggan di pameran-pameran.
37. Cari
calon pelanggan di perkumpulan-perkumpulan yang berhubungan dengan
bisnis
Anda.
38. Cari
calon pelanggan di seminar-seminar.
39. Cari
calon pelanggan di majalah atau koran.
40. Kemas
brosur, daftar harga, dan surat-menyurat dalam tempat khusus untuk
pelanggan.
41. Pasang
papan penunjuk di pinggir jalan dekat kantor Anda.
42. Sebarkan
brosur dengan menyelipkannya di wiper kaca mobil.
43. Cetak
kalimat bersifat promosi pada kertas surat atau amplop.
44. Pasang
logo dan nama perusahaan pada mobil perusahaan.
45. Siapkan
video tentang profil perusahaan.
46. Buat
daftar produk lengkap tentang gambar, cara penggunaan dan keuntungan
pemakaian
untuk mempermudah Anda membuat promosi.
47. Siapkan
proposal yang siap ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan
pelanggan.
48. Sediakan
contoh produk gratisan.
49. Sediakan
kesempatan kepada calon pelanggan untuk melihat-lihat proses
produksi.
50. Sponsori acara amal.
Bauran promosi (
promotional mix )adalah gabungan dari beberapa
promosi dari satu produk sama agar promosinya dapat maksimal dan hasilnya
memuaskan.Hubungan promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan
angka penjualan. Pada
umumnya setelah angka penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor akan mengurangi kegiatan promosi.
Ada tujuh unsur dalam promotional mix antara lain :
1.
Advertising ( Pengiklanan di TV, Radio dll)
2.
Personal selling ( persentasi, atau rapat karyawan
untuk menambah semangat karyawan )
3.
Salles promotion ( memberi kupon belanja,
memberikan contoh produk )
4.
Public relation ( memberi sumbangan / amal )
5.
Corporate image (nama baik perusahaan )
6.
Direct marketing ( pemasaran secara langsung )
7.
Exhibition ( pameran atau pertunjukan barang
dagangan )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar