Selasa, 06 Desember 2011

Cara-cara ber-promosi



Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan Promosi di antaranya adalah:
  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:
  1. Melalui e-mail
  2. Melalui sms
  3. Melalui pembicaraan
  4. Melalui iklan
Contoh promosi antara lain:
  1. Pasang iklan di tv mengenai produk baru perusahaan X
  2. Kirim 5 sms, dapat 10 sms gratis ke semua operator
  3. Beli kaos kaki seharga Rp. 30.000,00 dapat 2 kaos kaki gratis
  4. Diskon 50% bagi produk tertentu di Department Store
  5. Beli coklat malam hari dapat segelas teh gratis
6.      Pasang iklan baris di koran.
7.      Pasang iklan di buku telepon kuning (yellow pages).
8.      Pasang iklan di pusat perkulakan.
9.      Aktif mendekati konsumen lewat telepon.
10.  Mendatangi langsung konsumen yang prospektif.
11.  Promosi lewat surat.
12.  Jadi pembicara di seminar dan bicaralah tentang hal yang benar-benar Anda
kuasai.
13.  Jadi pembicara tamu di acara dialog di radio.
14.  Buat pusat data tentang pelanggan Anda, lengkap dengan alamatnya. Jaga terus
agar tetap up-to-date.
15.  Bangun citra perusahaan Anda dengan kartu nama dan kop surat yang menarik.
16.  Rancang brosur yang menjelaskan keuntungan dari produk Anda.
17.  Kembangkan sistem pemesanan lewat surat.
18.  Buat tempat khusus untuk memamerkan dan membeli langsung produk Anda.
19.  Rancang pemasaran jarak jauh (telemarketing).
20.  Buat logo perusahaan sesuai dengan citra yang ingin Anda bangun.
21.  Terbitkan semacam buletin yang menceritakan perkembangan terbaru usaha
Anda, paling tidak tiga bulan sekali.
22.  Buat suvenir dengan logo perusahaan, seperti kalender, pena, mug, kertas memo
dan sebagainya.
23.  Buat kampanye sosial yang berhubungan dengan produk Anda. Misalnya jika
produk Anda lampu, sebarkan tips tentang hemat pemakaian listrik.
24.  Buat stiker atau balon dengan logo dan slogan perusahaan Anda.
25.  Rancang kaos dengan logo dan nama perusahaan.
26.  Jajagi kerjasama promosi dengan perusahaan lain yang bukan pesaing.
27.  Pelajari semua biaya promosi, baik yang lewat koran, majalah, radio, televisi,
papan reklame, halte bus, dan tempat-tempat umum lainnya.
28.  Temukan cara untuk mengurasi biaya promosi dengan memanfaatkan promosi
patungan.
29.  Berterimakasih kepada pelanggan dengan mengiriminya surat.
30.  Menjaga hubungan dengan pelanggan dengan cara mengiriminya kartu ulang
Tahun, Lebaran, Natal, atau tahun baru.

31.  Pasang profil perusahaan di majalah atau koran yang biasa dibaca oleh calon
konsumen sasaran.
32.  Sewa agen periklanan atau humas (PR/public relations).
33.  Selenggarakan sayembara yang bersifat promosi.
34.  Selenggarakan seminar yang khusus membahas produk, jasa, dan perusahaan
Anda.
35.  Selipkan brosur atau bahan promosi lainnya ke dalam tagihan yang Anda kirim.
36.  Cari calon pelanggan di pameran-pameran.
37.  Cari calon pelanggan di perkumpulan-perkumpulan yang berhubungan dengan
bisnis Anda.
38.  Cari calon pelanggan di seminar-seminar.
39.  Cari calon pelanggan di majalah atau koran.
40.  Kemas brosur, daftar harga, dan surat-menyurat dalam tempat khusus untuk
pelanggan.
41.  Pasang papan penunjuk di pinggir jalan dekat kantor Anda.
42.  Sebarkan brosur dengan menyelipkannya di wiper kaca mobil.
43.  Cetak kalimat bersifat promosi pada kertas surat atau amplop.
44.  Pasang logo dan nama perusahaan pada mobil perusahaan.
45.  Siapkan video tentang profil perusahaan.
46.  Buat daftar produk lengkap tentang gambar, cara penggunaan dan keuntungan
pemakaian untuk mempermudah Anda membuat promosi.
47.  Siapkan proposal yang siap ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan
pelanggan.
48.  Sediakan contoh produk gratisan.
49.  Sediakan kesempatan kepada calon pelanggan untuk melihat-lihat proses
produksi.
50.  Sponsori acara amal.

Bauran promosi ( promotional mix )adalah gabungan dari beberapa promosi dari satu produk sama agar promosinya dapat maksimal dan hasilnya memuaskan.Hubungan promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan. Pada umumnya setelah angka penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor akan mengurangi kegiatan promosi.
Ada tujuh unsur dalam promotional mix antara lain :
1.      Advertising ( Pengiklanan di TV, Radio dll)
2.      Personal selling ( persentasi, atau rapat karyawan untuk menambah semangat karyawan )
3.      Salles promotion ( memberi kupon belanja, memberikan contoh produk )
4.      Public relation ( memberi sumbangan / amal )
5.      Corporate image (nama baik perusahaan )
6.      Direct marketing ( pemasaran secara langsung )
7.      Exhibition ( pameran atau pertunjukan barang dagangan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar