Peramalan Penjualan
Memperkirakan apa yang akan terjadi dimasa
yang akan datang, dari hasil olah data dan asumsi pada saat sekarang. Hal ini
diperlukan mengingat dimasa yang akan datang penuh dengan berbagai
ketidakpastian.
Jenis Jenis Peramalan :
1.
Segi Penyusunan :
Peramalan Subyektif : didasarkan pada
perasaan seorang penyusun, dalam hal ini pandangan dan pengalaman masa lalu
penyusun sangat menentukan.
Peramalan Obyektif : didasarkan atas data
dan informasi yang ada yang kemudian dianalisis dengan teknik dan metode
tertentu. Data yang diolah adalah data masa lalau untuk beberapa periode .
2.
Segi sifat ramalan :
Peramalan Kualitatif :
didasarkan atas data dari obyek secara langsung, biasanya dari hasil survey,
wawancara terstruktur atau penyelidikan.
Peramalan Kuantitatif :
didasarkan atas data, referensi atau informasi dimasa lalu (dalam bentuk
angka-angka).
3.
Segi jangka waktu :
Peramalan jangka pendek :
didasarkan pada waktu kurang dari 1 tahun.
Peramalan jangka menengah
: didasarkan pada waktu rentang 1 sampai 3 tahun.
Peramalan jangka panjang :
didasarkan pada waktu lebih dari 3 tahun.
Jenis-jenis metode peramalan:
Deret Waktu (Time series): hubungan
antar variabel yang dicari (independent) dengan variabel yang mempengaruhinya
(dependent).
1. Metode Smoothing : jenis peramalan perencaan persediaan dan keuangan
dalam jangka pendek yang bertujuan mengurangi ketidakteraturan data (min 2
tahun) dimasa lampau.
2. Metode Proyeksi Tren dan Regresi : jenis peramalan jangka pendek dan
jangka panjang yang digunakan untuk produk baru atau rencana ekspansi dengan
melihat garis tren untuk persamaan matematis.
Sebab Akibat (Casual Metods) : hubungan
antar variabel yang diperkirakan dengan variabel lain yang mempengaruhinya
tetapi bukan waktu.
1. Metode Regresi Korelasi : jenis peramalan permintaan dan penjualan
dalam jangka pendek dan jangka panjang yang didasarkan pada persamaan dengan
teknik least squares yang dianalisis secara statistik.
2. Model Input Output : jenis peramalan untuk menyusun tren ekonomi
jangka panjang, dengan pengolahan data lebih dari 10 tahun.
Estimasi Pasar :
Perhitungan
estimasi total permintaan pasar :
Q = n x g
x p
dimana :
Q = total permintaan pasar
n =
jumlah pembeli dipasar
g = banyaknya
barang yang dibeli rata-rata pertahun
p =
harga rata-rata satuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar