Kamis, 22 Desember 2011

Peramalan Penjualan


Peramalan Penjualan
Memperkirakan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang, dari hasil olah data dan asumsi pada saat sekarang. Hal ini diperlukan mengingat dimasa yang akan datang penuh dengan berbagai ketidakpastian.

Jenis Jenis Peramalan :
1.      Segi Penyusunan :
Peramalan Subyektif : didasarkan pada perasaan seorang penyusun, dalam hal ini pandangan dan pengalaman masa lalu penyusun sangat menentukan.
Peramalan Obyektif : didasarkan atas data dan informasi yang ada yang kemudian dianalisis dengan teknik dan metode tertentu. Data yang diolah adalah data masa lalau untuk beberapa periode .
2.      Segi sifat ramalan :
Peramalan Kualitatif : didasarkan atas data dari obyek secara langsung, biasanya dari hasil survey, wawancara terstruktur atau penyelidikan.
Peramalan Kuantitatif : didasarkan atas data, referensi atau informasi dimasa lalu (dalam bentuk angka-angka).
3.      Segi jangka waktu :
Peramalan jangka pendek : didasarkan pada waktu kurang dari 1 tahun.
Peramalan jangka menengah : didasarkan pada waktu rentang 1 sampai 3 tahun.
Peramalan jangka panjang : didasarkan pada waktu lebih dari 3 tahun.
 Jenis-jenis metode peramalan:

Deret Waktu (Time series): hubungan antar variabel yang dicari (independent) dengan variabel yang mempengaruhinya (dependent).
1.      Metode Smoothing : jenis peramalan perencaan persediaan dan keuangan dalam jangka pendek yang bertujuan mengurangi ketidakteraturan data (min 2 tahun) dimasa lampau.

2.      Metode Proyeksi Tren dan Regresi : jenis peramalan jangka pendek dan jangka panjang yang digunakan untuk produk baru atau rencana ekspansi dengan melihat garis tren untuk persamaan matematis.

Sebab Akibat (Casual Metods) : hubungan antar variabel yang diperkirakan dengan variabel lain yang mempengaruhinya tetapi bukan waktu.
1.    Metode Regresi Korelasi : jenis peramalan permintaan dan penjualan dalam jangka pendek dan jangka panjang yang didasarkan pada persamaan dengan teknik least squares yang dianalisis secara statistik.
2.    Model Input Output : jenis peramalan untuk menyusun tren ekonomi jangka panjang, dengan pengolahan data lebih dari 10 tahun.

Estimasi Pasar :

Perhitungan estimasi total permintaan pasar :
Q = n x g x p
dimana :
     Q = total permintaan pasar
     n  = jumlah pembeli dipasar
     g  = banyaknya barang yang dibeli rata-rata pertahun
     p  = harga rata-rata satuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar