Jumat, 02 Desember 2011

Belajar Etika Sehari-hari


A.  ETIKA BERTAMU
Apabila kita hendak bertamu tentu saja ada aturannya, misalnya dengan mengenal ddan memahami situasi kapan dan bagaimana kita harus bertamu. Etika bertamu antara lain adalah :
    1. Waktu
Waktu sangat penting untuk diperhatikan karena saat kita bertamu mau tidak mau kita harus memahami kondisi sang tuan rumah apa dia sibuk atau sedang senggang karena waktu kita bertamu jangan sampai kita menjadi tamu pengganggu. Waktu yang perlu di hindari untuk bertamu adalah terlalu pagi, saat istirahat siang , dan pada saat malam hari yang sudah terlalu larut, kita perlu memperhatikan waktu bertamu agar sang tuan rumah tidak terganggu. 
    1. Mengetuk pintu
Mengetuk pintu syaratnya wajib, dengan mengetuk pintu kita telah memberitahukan sang tuan rumah bahwa ada seseorang yang ingin bertamu. Pada jaman sekarang hampir di setiap rumah sudah tersedia bel untuk mempermudah tamu agar tidak usah repot mengetuk pintu cukup memencet bel saja.
    1. Mengucapkan salam
 Dalam hal ini perlu sebagai rasa sopan santun terhadap sang tuan rumah sekaligus pelengkap etika kita dalam bertamu.
    1. Cara kita duduk atau sikap duduk kita
Setelah kita dipersilahkan masuk tentunya kita juga dipersilahkan untuk duduk, dalam hal ini cara kita duduk atau sikap duduk kita akan  mencerminkan bagaimana sikap kita jadi cara kita untuk duduk harus benar  benar di jaga.



    1. Cara kita berkomunikasi
Komunikasi sangat diperlukan karena tanpa komunikasi maksud dan tujuan kita tidak akan tersampaikan. Untuk itu cara komunikasi kita perlu diperhatikan agar hal yang ingin kita sampaikan dapat dengan mudah dimengerti maksudnya.
    1. Cara kita menghadapi Suguhan atau jamuan 
Dalam menghadapi jamuan atau suguhan dari tuan rumah untuk minuman sebaiknya kita meminum sekurang kurangnya lebih dari setengah gelas tersebut, hal ini menandakan kita menghargai dan menghormati sang tuan rumah. 
  1. ETIKA DI MEJA MAKAN
Etika dalam meja makan sangat diperlukan untuk diri sendiri atau orang lain agar pada saat kita makan sikap kita tidak merusak   selera makan orang lain. Etika di meja makan meliputi :
    1. Sikap Duduk
    2. Mendahulukan yang lebih tua untuk mengambil makanan
    3. Mengambil makanan secukupnya
    4. Peralatan makan tidak boleh sampai menimbulkan bunyi
    5. Saat kita mengunyah makanan jangan sampai menimbulkan bunyi
    6. Jangan sampai menyisakan makanan
    7. Posisi sendok dan garpu ketika selesai makan ditelungkupkan
    8. Pada saat kita minum tidak boleh sampai menimbulkan bunyi
    9. Tidak boleh bersendawa   
  1. ETIKA BERPAKAIAN
Etika berpakaian harus disesuaikan dengan waktu dan tempat. Kita tidak mungkin memakai baju tidur untuk pergi ke kantor dan juga sebaliknya, kita tidak akan memakai aju kantor untuk tidur. Baju yang kita pakai kerja harus kita sesuaikan misalnya dengan menyelaraskan warna dan aksesorisnya misalnya sepatu dan tas untuk yang permpuan tapi untuk yang laki – laki mungkin dengan menyelaraskan warna dasi. Etika berpakaian dibentuk agar penampilan kita lebih baik lagi dalam melayani costumer.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar