Jumat, 09 Desember 2011

Contoh RENCANA BISNIS (jasa warung internet)



Dot.NET
A.      PROFIL BISNIS
Kami merencanakan menyediakan jasa lengkap untuk para konsumen yang membutuhkan fasilitas internet dengan kualitas prima dengan kecepatan tak tertandingi. Kami bermaksud memberi kepuasan kepada penguna jasa internet yang belakangan ini selalu mengalami perkembangan dan mengevaluasi dengan membuat perubahan untuk menyempurnakan efektivitas dari bisnis ini.
                Nama perusahaan           : Dot NET
                Alamat perusahaan         : Jalan MT. Hariyono dinoyo
                Bidang usaha                     : Jasa telekomunikasi ( internet )
                Konsumen yang dituju: Pemuda, mahasiswa, pelajar dan masyarakat kota Malang
                Jumlah target omset      : pengunjung 15.000 /tahun @ Rp. 50.000,00 /tahun
                                                                : Rp. 750.000.000 /tahun              
B.      ASPEK PEMASARAN
a.       Target Pemasaran
Sasaran utama bisnis kami pemuda, mahasiswa, pelajar dan masyarakat Malang sekitar lokasi bisnis warnet kami.
b.      Rencana Pemasaran
Kami merencanakan membangun daftar teman teman kampus yang telah kami kenal terlebih dahulu kemudian kiat penjualan kami selanjutnya akan mencakup rekomendasi dari teman kami untuk mengajak teman teman mereka dan seterusnya. Selain memperkenalkan warnet kami melalui situs jejaring sosial,  kami juga merencanakan untuk melakukan kampanye brosur di kampus dan sekolah yang dekat dengan lokasi yang merupakan target utama dari pemasaran bisnis kami.
c.       Rencana Iklan dan Promosi
Anggaran iklan awal kami adalah 500.000 per bulan untuk media jasa agensi periklanan (lokal dan kecil) untuk membuat dan memasang iklan, serta untuk membuat logo, alat tulis, dan brosur dasar. Perkiraan biaya termasuk pembuatan dan pencetakan awal brosur dan formulir bisnis Rp. 2.000.000 (dua juta) Iklan dan promosi berikutnya akan ditentukan oleh laju pertumbuhan bisnis. Secara keseluruhan, kami merencanakan anggaran iklan dan promosi sebesar 5 % dari pendapatan.
d.      Kompetisi
Pesaing utama kami adalah LILO net karena lokasi yang lumayan dekat. LILO merupakan bisnis sejenis yang memberikan jasa internet yang memprioritaskan mutu, mereka juga memberikan fasilitas situs lengkap untuk para pecinta musik di situs warnet mereka yang menjadikan nilai plus untuk LILO.
C.      ASPEK OPERASIONAL
a.      Organisasi Bisnis
Kami merencanakan mengoperasikan bisnis dalam bentuk perusahaan pribadi. Karena ada tanggung jawab pribadi yang terkait dengan bentuk organisasi ini, kami sadar bahwa asuransi akan sangat penting dan kami bermaksud untuk mengasuransikan secara memadai dan mendapatkan agen asuransi yang ahli.

b.      Stuktur Organisasi
Organization Chart
c.       Tenaga kerja
(1) Pimpinan                                              : 1 orang
(2) Karyawan Pemasaran                      : 2 orang
(3) Karyawan Keuangan                        : 2 orang
(4) Karyawan operator IT                      : 4 orang
d.      Prasarana dan Peralatan
Prasarana
o        Lahan                           :  250 m2 
o        Gedung      : Permanen  100 m2
o        Ruang                          : Kantor 1 ruang, Pelayanan 1 ruang, Keuangan 1 ruang
Peralatan
o               Komputer, jaringan computer
o               Koneksi ke internet: dial-up, broadband atau wireless
o               Langganan Internet Service Provider ( ISP) atau provider satelit
o               Perangkat lunak (Software) untuk mengelola transaksi
o               Meja dan kursi
o               AC atau kipas angin

e.      Asuransi
Lembaga asuransi merupakan hal yang perlu diperhitungkan dalm memulai usaha untukmenghindari semua kemungkinan yang terburuk.
f.           Lokasi
o   Kriteria Lokasi
Kami akan menggunakan kriteria berikut ini dalam menentukan lokasi bisnis kami:
_Pusat keramaian
_Dapat dengan mudah diakses
_Lokasi derdekatan dengan pusat pendidikan
_Kami perkirakan biaya sewa lokasi tidak akan melampaui  10 % dari pendapatan.


C .  ASPEK KEUANGAN
o   Sumber Modal
Modal sendiri  =   60% dari total aktiva
Kredit Bank     =  40% dari total aktiva 
o    Keuangan
Akuntansi
Pengetahuan kami tentang akuntansi cukup memadai dan Program perangkat lunak akuntansi dan penggajian kami akan menggunakan sistem berikut ini MYOB seperti yang kami dapat dalam proses pembelajaran dikampus.
Catatan bisnis
 Kami akan menyimpan rekening dan catatan secara terpisah dari catatan pribadi kami.
Pengendalian internal
Kami akan menyiapkan kendali yang sesuai untuk menangani dana di dalam bisnis kami. Pembelian, pencarian modal, dan sebagainya.
Rekonsiliasi rekening bank
Rekening bank akan direkonsiliasi setiap bulan.
Neraca
 Terlampir adalah neraca awal kami. Termasuk di dalamnya adalah jadwal kebutuhan perlengkapan dan perabot.

Neraca per Juni 2011

dOt. NET
No
Keterangan
            Jumlah
A
Aktiva (Asset)

1
Kas
40.000.000
2
Bank
20.000.000
4
Persediaan Barang
20.400.000
5
Uang Muka (porskot)
  4.980.000

Jumlah Aktiva lancar
85.380.000
6
Tanah dan bangunan
80.000.000
7
Mesin (Cash Register)
40.000.000
1
Penyusutan Peralatan
(8.100.000)

Jumlah Aktiva Tetap
111.900.000

Total Aktiva
197.280.000



B
PASSIVA

1
Utang Dagang
83.780.000

Jumlah Utang Lancar
83.780.000
3
Kredit Usaha Rakyat BTN Jk. Panjang
50.000.000

Jumlah utang jangka panjang(bank)
20.000.000
5
Modal disetor Sendiri
90.000.000

Jumlah modal sendiri
43.500.000

Total Pasiva
197.280.000



















*) angka dalam perhitungan adalah sebuah permisalan.

Laporan laba rugi
Terlampir adalah proyeksi dari laporan laba rugi kami untuk enam bulan pertama dan satu tahun.
DOT.net Malang
No
Keterangan
       Jumalh
1
Penjualan 
450.669.000
2
Harga Pokok Penjualan
294.125.000

Laba Kotor
111.660.000
3
Biaya administrasi, umum dan biaya penjualan
49.148.000

Laba operasi
62.512.000
4
Biaya Bunga
1.500.000
5
Biaya Penyusutan
8.100.000
6
Biaya Lainnya
-

Total biaya
9.600.000
7
Pendapatan lain-lain
9.600.000

Pendapatan sebelum pajak
62.512.000

Pajak  (10%)
6.251.000

Laba Bersih
56.260.000
Laporan Rugi Laba per 31 juni 2011



























*) angka dalam perhitungan adalah sebuah permisalan.

D.      ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
Kriteria Kemampuan  Karyawan yang diharapkan
§  Teknologi informasi (IT) atau pengetahuan dan keahlian di bidang komputer
§  Mampu memasang software dan melakukan perawatan rutin dan perbaikan
§  Mampu membuat pembukuan dan organisasi dasar     
§  Mampu mengajar /melatih klien mengenai komputer dasar dan browsing internet    
§   Mengenal mesin pencari (search engine) internet dan e-mail (surat elektronik)
  Motivasi karyawan yang diharapkan:
§  Mampu bekerja atau menjalani lama kerja yang panjang antara 6  sampai 7 hari seminggu
§       Inovatif
§       Mampu menggunakan strategi mempengaruhi
§       Mampu memecahkan masalah
§       Mampu mengambil inisiatif
§       Mampu memperhatikan efisiensi
Kriteria PC (Personal Computer) yang digunakan :
§    Memenuhi standart SNI
§    Pentium diatas core 2 duo
§    Menggunakan layar LCD, Headphone, webcam berkualitas
§    Printer mampu mencetak secara tajam dan jelas

E.       PROGRAM PERTUMBUHAN
                Ekspansi (perluasan)
                Begitu bisnis kami mapan, kami merencanakan untuk menerapkan strategi pertumbuhan.Kami memperkirakan butuh waktu sekitar 1 (satu) tahun untuk mendapatkan pengalaman dan tingkat keuntungan yang memadai sebelum rencana pengembangan dapat diterapkan.
                Strategi pertumbuhan kami antara lain adalah tidak akan menerapkan jadwal waktu yang kaku untuk pengembangan namun akan menunggu hingga memperoleh pengalaman, penghasilan, dan arus kas yang cukup. Kendali akuntansi dan arus kas akan diberlakukan dan laporan laba rugi akan disiapkan untuk setiap unit berdasarkan laporan setiap 6 bulan. Kendali internal untuk akuntansi, penanganan uang dan inventaris akan diberlakukan.
Penanganan Masalah Utama
Kebijakan kami dalam menangani masalah adalah dengan mengidentifikasi dan mengenali masalah dengan cepat. Kami merencanakan untuk memberlakukan kebijakan berikut ini segera setelah kami menemukan kejadian yang dapat berakibat buruk selama program pertumbuhan bisnis kami.
Penurunan dalam penjualan atau penjualan tidak mencapai target, kami siap secepatnya mengambil langkah pemulihan dengan memotong biaya. Kami akan memperbaiki setiap aspek dari nilai produk, performa,pelayanan dan citra. Kami akan mencari cara baru untuk mengembangkan pemasaran
PERENCANAAN BISNIS
Bussiness Plan Jasa Warung Internet ( WARNET )
dOt.NET



Oleh :
Rahmad Ageng P
Sofya Dwi Fandini
Rika Kusuma Dewi
M. Fedy Ferdiansyah



STIE INDOCAKTI MALANG
2011/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar